You are here
Home > Tutorial > Cara Memperbaiki Flashdisk atau Memori SD Rusak Tanpa Harus diFormat

Cara Memperbaiki Flashdisk atau Memori SD Rusak Tanpa Harus diFormat

Ada 4 Cara Memperbaiki Flashdisk atau Memori SD Rusak Tanpa Harus diFormat

Bagaimana cara memperbaiki USB Flashdisk atau kartu SD yang rusak tanpa memformat?

Setiap kali drive USB flashdisk rusak, ada kemungkinan Anda melihat kotak dialog pop-up yang menyatakan Anda perlu memformat flashdisk atau kartu memori untuk mengaksesnya. Tapi Apakah Anda mau memformat flashdisk Anda? Saya rasa Anda tidak mau karena jika Anda melakukan itu, Anda akan kehilangan data Anda yang tersimpan di Flashdisk atau kartu memori tersebut, jadi inilah panduan langkah demi langkah untuk memperbaiki USB Flashdisk yang rusak tanpa memformat.

Baca :

Metode 1: Dengan Command prompt (CMD)

Anda mungkin terbiasa dengan command prompt Windows (CMD). Di sini Anda dapat menggunakan CMD untuk memperbaiki Flashdisk yang rusak tanpa data hilang atau tanpa memformat.

  • Pertama-tama, tancapkan drive USB Flashdisk Anda dan kemudian Jalankan CMD sebagai administrator.

(Anda dapat menemukan command prompt (CMD) dengan mencari di kotak pencarian windows)

  • Sekarang ketikkan kode ini di prompt perintah: chkdsk/X/f e:

(Jika kode di atas tidak berfungsi, salin dan tempel kode ini: chkdsk e: /f

(Catatan: Di sini Flashdisk atau kartu memori sd saya terletak di huruf ‘e’, jadi pastikan Anda memeriksa dimana letak USB Flashdisk Anda ditempatkan, Dan ganti huruf e dengan tempat yang sesuai dengan flashdisk Anda.)

Kode terlihat seperti gambar di bawah ini:

Memperbaiki USB Flashdisk CMD

Setelah langkah-langkah ini selesai, Windows akan mencoba memperbaiki sistem file di Flashdisk atau kartu memori SD Anda.

Jika Windows berhasil memperbaiki sistem file di Flashdisk Anda, maka Anda akan melihat “Windows telah melakukan koreksi pada sistem file”. Namun masih ada kemungkinan Flashdisk Anda masih mengalami masalah yang sama. Jadi di sini ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki USB Flashdisk atau kartu SD yang rusak. Jadi mari baca terus artikel ini.

BACA juga  Apa itu Google Keep dan Cara Menggunakannya

Metode 2: Instal ulang driver USB

Jika metode CMD di atas tidak bekerja untuk Anda, maka mungkin ada beberapa masalah yang terjadi pada driver di PC komputer Anda. Jadi, Anda perlu menginstal ulang driver device untuk perangkat USB untuk memperbaiki USB Flashdisk atau kartu memori sd yang rusak.

  • Cari “Device Manager” di kotak pencarian windows.
  • Pilih “Disk Drivers” dari daftar drop-down.

Uninstall Driver USB

  • Sekarang Klik kanan pada driver USB itu dan hapus instalannya.

Uninstall Driver USB 2

Sekarang silahkan untuk menancapkan Flashdisk dan pasang kembali. Sekarang Flashdisk Anda harus terdeteksi oleh komputer dan seharusnya sudah berfungsi dengan baik.

Metode 3: Mengubah Drive

Jika masih tidak berfungsi dengan baik, Anda dapat mencoba menetapkan huruf baru ke drive USB Anda. Untuk ini, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Tancapkan USB Flashdisk ke komputer Anda.
  • Klik kanan pada “This PC” dan kemudian pilih “Manage” dari menu drop-down.
  • Pilih “Disk Management” dan temukan Flashdisk Anda
  • Sekarang klik kanan di atasnya.
  • Pilih “Change Drive Letter and Paths” dari opsi dan tetapkan huruf baru untuk Flashdisk Anda, tetapi pastikan huruf yang Anda tetapkan belum ditetapkan ke disk apa pun di komputer Anda.

Saya harap masalah Anda sekarang sudah terpecahkan, tetapi jika Flashdisk Anda masih rusak, ada cara terakhir untuk memperbaiki USB Flashdisk Anda yang rusak tetapi semua data Anda akan terhapus dalam proses ini. Jadi pikirkan sebelum Anda mengambil langkah ini.

Metode 4: Memformat dengan windows explorer

  • Klik dua kali pada “This PC” dan klik kanan pada Flashdisk yang rusak.
  • Kotak drop-down muncul dan kemudian klik pada opsi “Format”.
  • Menu pop-up muncul dan kemudian periksa opsi “Quick Format” dan “Restore Device Defaults” dan kemudian klik “Start”.
  • Dan sekarang Anda telah melakukan pekerjaan tetapi sayangnya Anda akan kehilangan data dari proses ini sehingga lebih baik untuk mencoba metode CMD daripada langsung mencoba ke metode ini.
BACA juga  Cara Ampuh Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

Namun, jika cara terakhir ini sudah dilakukan, maka kemungkinan besar Anda masih bisa mengembalikan data yang terhapus dengan berbagai macam software seperti EaseUS Data Recovery.

Tinggalkan Balasan

Top