You are here
Home > Health > Jangan Salah Persepsi Mengenai Nutrisi Seimbang, Ini kata dokter

Jangan Salah Persepsi Mengenai Nutrisi Seimbang, Ini kata dokter

Ini Definisi Nutrisi Seimbang untuk Anak Menurut Dokter

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi  Seimbang untuk Anak
Memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang untuk anak

Selama ini, banyak orangtua yang masih salah mempersepsikan definisi nutrisi seimbang untuk anak.

Dalam masa pertumbuhan anak, terutama pada seribu hari pertama kehidupan anak, pemberian nutrisi seimbang sangat dianjurkan. Namun, dokter anak menyayangkan banyak orangtua yang masih salah persepsi mengenai nutrisi seimbang.

Dokter spesialis anak dr. Lucy Amelia Sp.A. M.Kes., mengatakan, kebanyakan orangtua memang menyediakan makanan bagi anak, namun tidak mengerti kadar nutrisi yang harus disediakan.

“Saya pun merasakan bagaimana menghadapi orangtua yang masih memiliki persepsi salah dalam memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak. Memang hampir sebagian besar dokter anak dan dokter umum merasa pemenuhan nutrisi ini tidak seimbang,” kata Lucy dikutip dari IGTV enfaclub, Rabu (11/11/2020).

Menurutnya, makanan Indonesia terlalu banyak mengandung gula. Sedangkan makanan cepat saji juga banyak mengandung garam dan gula. Kedua kandungan itu meningkatkan risiko diabetes dan obesitas dalam jangka waktu lama.

“Karena orangtua mikirnya, ‘Anak saya gemuk, lucu, aktif.’ Padahal kita nggak tahu sebenarnya kalau pemilihannya gak benar,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa komponen nutrisi yang harus dipenuhi tidak harus selalu dari makanan mahal. Seperti omega 3 dan
omega 6, yang sebenarnya bisa didapat dari minyak jagung juga sarden.

Hanya saja yang harus diperhatikan adalah cara pengolahannya. Dokter Lucy mengingatkan bahwa cara pengolahan yang keliru seperti digoreng bisa mengurangi kadar nutrisi makanan.

“Jadi harus perhatikan. Kalau DHA bisa didapatkan dari ikan. Nggak selamanya salmon, ikan kembung juga ada DHA-nya, kok. Kemudian kadar omega 3 ada di sarden. Omega 6 minyak jagung, minyak matahari. Itu gak terlalu susah kita dapatkan,” tuturnya.

“Kemudian zat besi banyak bisa kita dapatkan dari sayuran. Bisa dari sayur bit, bayam itu ada zat besinya tinggi,” tambahnya.

Hanya saja, dokter Lucy menjelaskan, bahwa serapan zat besi dari sayuran tidak sebanyak dari sumber protein hewani seperti daging merah.

Content retrieved from: https://www.suara.com/health/2020/11/11/191500/ini-definisi-nutrisi-seimbang-untuk-anak-menurut-dokter.

Tinggalkan Balasan

Top